Menyediakan tempat untuk Linux pada Asus N10Jc

Asus N10Jc ada notebook keluaran Asus yang berada di kategori antara Netbook dan Notebook. Hal ini disebabkan spek yang dimiliki sebagian besar seperti netbook pada umumnya, tetapi memiliki kualitas yang jauh diatas rata2 netbook yang sudah beredar saat ini. Diantaranya adalah, pemakaian 2 GPU yaitu Intel GMA dan NVidia 9300M GS, 256 MB. Selain itu juga casing yang lebih berkualitas dan Wireless network yg sudah cukup high-end (kelas N, Atheros 9280).

Asus N10Jc, sudah dilengkapi dgn bundled OS yaitu Windows XP yang sudah terinstalasi dalam harddisk (160GB) dengan struktur (foto diambil menggunakan GNU/Linux Gparted dari sourceforge.net):

partisi-n10jc

Partisi 1 (/dev/sda1), Recovery, berisi sistem backup Windows XP.

Partisi 2 (/dev/sda2), berisi OS Windows XP

Partisi 3 (/dev/sda5), berisi data

Keseluruhan harddisk, secara default dari paket, sdh habis terinstall untuk Windows XP.

Untuk menginstal Ubuntu 8.10 dibutuhkan partisi kosong beberapa GB. Karena saya lebih banyak menggunakan Ubuntu dari pada Windows, maka saya berencana me-resize HD yang telah terpakai menjadi 40-an GB untuk XP dan sisanya 100-an GB untuk Ubuntu, tanpa memformat data / system yang ada. Karena apabila diformat, maka ExpressGate yang ada, akan ikut terhapus. Untuk merecovery ExpressGate, harus dilaukan melalui Restore Disc yg disertakan dalam paket N10Jc ini. Restore Disc tersebut bekerja seperti shadow image dan akan mengembalikan stuktur partisi HD seperti semula. ExpressGate ini masih tetap saya butuhkan mengingat akses boot yang cukup cepat dan pemakaian resource yang kecil sehingga sangat membantu apabila kita perlu terkoneksi ke internet dengan segera (booting XP cukup lama)

Untuk keperluan ini, saya membutuhkan software pengubah partisi yang bersifat opensource (seharusnya nggak perlu opensource, yg penting buat saya adalah software legal bukan bajakan), yaitu Gparted yg didapat dari :
http://gparted.sourceforge.net/. Yang dipilih adalah yg LiveCD. Kemudian saya burn. Lalu dimulailah langkah2 untuk  mengubah ukuran XP.

Gparted sangat mudah digunakan. Tinggal pilih booting menggunakan CDROM pada BIOS, masukkan CD gparted, reboot dan gparted akan masuk ke menu. Ikuti pilihan yang ada sesuai dgn hardware kita hingga muncul screen partisi HD seperti gambar diatas. System file yang digunakan XP adalah fat32, bukan NTFS.

Langkah 1, Pilih Delete dari partisi 3 diatas. Pilih “Yes’ atau ‘OK’ setelah itu partisi akan dihapus. Jangan lupa jg untukmen-delete /dev/sda3 -> extended partisi. Sehingga bagian itu skrg berstatus “Unallocated”

sda3-removed

Langkah 2, mer-resize ukuran XP (/dev/sda2). Pilih resize dari partisi 2 diatas, kemudian masukan angka 25000 pada bagian “New Size (MiB) :”, lalu tekan tombol “Resize/Remove”

Langkah 3, buat extended file dari bagian “Unallocated” tadi, lalu buat juga partisi fat23 (XP), sebesar 20000.
Sehingga didapat lah struktur akhir seperti gbr dibawah ini :

after-partition

Terdiri dari :

1. Partisi 1, 3.91GB
2. Partisi 2, Windows XP OS, 24.41GB
3. Partisi 3, Data, 19.53 GB
4. Unallocated 101.19 GB -> ini akan digunakan untuk instalasi Ubuntu.

Setelah ini selesai, barulah bisa dimulai instalasi Ubuntu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: